Khusus untuk pemula…

Posted: Januari 6, 2011 in Articles of Natural Free



Bagi anda yang belum mengetahui akan tetapi ingin sekali mencoba untuk menjajal kemampuan fisik dan mental anda lewat mendaki gunung. Untuk itu kami sengaja memilihkan beberapa langkah-langkah yang mungkin akan membantu anda

Waktu yang dihabiskan secara seksama untuk merencanakan suatu perjalanan petualangan tidaklah pernah terbuang percuma. Rencanakan dulu, sebelum kamu menetapkan tanggal keberangkatanmu, tentukan setiap pilihan. Kamu mungkin perlu belajar pelatihan pertolongan pertama, rencanakan jadual latihan kebugaran, atur keuanganmu, pilih dan beli perlengkapan, dsb.

Memilih Petualanganmu…
Petualangan sangat mengasyikan apabila kamu telah mengadakan penelitian tujuanmu secara seksama dan tahu mengapa kamu akan pergi kesana. Setelah memutuskan aktifitasmu, kamu meneliti lokasi mana dan petualangan macam apa yang mempunyai pilihan paling menarik.

Mendaki Gunung (Mountaineering):
Selidiki dalam buku petunjuk gambar foto-foto gunung yang benar-benar ingin kamu daki. Tetapi berhati-hatilah terhadap pengaruh ketinggian dan tetaplah pada kemampuanmu.

Memanjat Tebing (Rock Climbing):
Banyak-banyak latihan dalam keadaan fasilitas darurat sebelum kamu mempertimbangkan untuk memanjat tebing di beberapa daerah. Pelajari dengan benar daerah yang ingin kamu kunjungi itu.

Arung Jeram (rafting):
Beberapa daerah di Indonesia menawarkan fasilitas yang sangat baik sekali untuk eksplorasi/ penjelajahan sungai. Selalu periksa perlengkapan perahu, dan jaket penyelamat secara seksama sebelum melakukan aktifitas ini.

Penyelusuran Gua (Caving):
Periksa daerah dan teliti jenis gua yang ingin kami telusuri.

Menentukan Waktu Perjalananmu.

Faktor Iklim:
Selain detail temperatur (baik siang maupun malam) dan turunnya hujan selama waktu yang kamu habiskan di suatu lokasi, di beberapa daerah kamu harus belajar kapan kejadian-kejadian iklim tertentu diharapkan.

Tetap Sehat
Menjaga kesehatan merupakan tanggun-jawabmu yang paling penting. Selalu bawa perlengkapan pertolongan pertama untuk merawat keluhan-keluhan kecil.

Mempersiapkan Diri
Pastikan mulai berlatih dulu. Latihan yang terus-menerus membantu meningkatkan kelenturan, dan latihan-latihan aerobik seperti berenang meningkatkan efisiensi jantung dan paru-parumu. Berlatih beban menambah kekuatan kaki dan tangan, bahu dan punggungmu.

Membawa Ranselmu
Biasakan membawa ranselmu ketika berjalan-jalan, tambahkan baik jarak kamu berjalan maupun berat yang kamu bawa. Gunakan sepatu boot dan berjalanlah dengan cepat. Hindari berlari dengan ranselmu karena kamu dapat melukai lutut dan punggungmu.

Latihan Berjalan
Gunakan latihan berjalan untuk membiasakan dirimu cocok/pas dengan ranselmu, pakaian luar rumahmu (outdoor clothing) dan sepatu boot-mu. Mulailah dengan berjalan hanya beberapa kilometer. Ketika berjalan siang hari dapat dilakukan dengan mudah, latihlah keahlian/kepandaian navigasimu, mulailah di daerah yang sangat kamu kenal/familiar.

Mengatur Perlengkapanmu
Sebelum memulai perjalananmu, buatlah daftar barang-barangmu, timbang berat perlengkapanmu. Kemas perlengkapanmu secara terpisah menurut fungsinya, dan letakkan semuanya di dalam ranselmu.

Berjumpa dengan Orang-orang
Berhubungan dengan orang-orang yang sangat berbeda dengan dirimu merupakan kesenangan perjalanan. Jangan mempunyai prasangka bagaimana mereka seharusnya, tapi hormatilah mereka sebagaimana mereka. Hormatilah agama-agama setempat, di beberapa daerah, kamu dapat meningkatkan tempat menetapmu dengan membayar hormatmu pada kepala desa setempat dan hilangkanlah kecurigaan yang mungkin dimiliki oleh masyarakat/komunitas setempat terhadap dirimu

Menyesuaikan diri pada Ketinggian
Cara terbaik menyesuaikan diri pada iklim tinggi diketinggian adalah naik secara bertahap dan dimuati secara ringan, olehkarenanya lalukan latihan secara ringan sementara perlahan-lahan mencapai ketinggian. Tubuh mengimbangi udara yang makin menipis dengan mengeluarkan sel-sel darah merah ekstra daripada menambah oksigen ke otak. Jika kamu pernah mengalami sakit, turun ke ketinggian yang lebih rendah adalah penyembuhan yang alamiah dan aman, daripada terpaksa minum obat seperti diamox (acetazolamide).

Mandi
Sebelum masuk ke sungai, periksa hulu sungai karena pembuangan air terjun atau sumber-sumber lainnya mencelakakan mikro-organisma. Cobalah untuk tidak menelan air apapun. Jangan pernah menyelam tanpa mengecek dahulu kedalaman dan mencari bahaya/resiko bawah air.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s